Santirah, Sungai dengan 3 Jeram, 4 Goa, 5 Curug dan Tebing

aktivitas wisata river tubing di green santirah pangandaran
Titik Start River Tubing, setelah briefing teknis kenyamanan dan keamanan, dari sini kita mulai aktivitas River Tubing, mengarungi sekaligus menikmati keindahan alam sepanjang sungai Santirah yang jernih sepanjang 1,5 kilometer
Selama pengarungan sungai Santirah, Kamu akan merasakan petualangannya menerjang Jeram Batu Munding, jeram Leuwi Panjang dan jeram Sindang Melang. Juga menembus lorong-lorong gua yang gelap Gua Gendang, Gua Panjang Santirah, Gua Lengkop dan Gua Cukang Taneuh. Kamu juga akan menemui curug atau air terjun diantara tebing-tebing tingginya yaitu Air Terjun Tirai, Air Terjun Batu Munding, Air Terjun Curug Kembar, Air Terjun Curug Mini, dan Air Terjun Curug Tiga

Green Santirah, adalah destinasi baru yang kini populer dengan aktivitas pengarungan sungai, River Tubing. Bagi kamu para pencinta kegiatan pacu adrenaline, Santirah layak dicoba!. Selain aktivitas river tubing juga sekaligus body rafting, melompat dari tebing tinggi ke sungai juga bisa kamu coba disini. Dan di Santirah bukan cuma tentang sungai dan jeram, kamu dapat bonus suguhan dari alam langsung dengan menerobos lorong gelap goa-goa dan keindahan air terjun atau curug diantara tebing-tebing tingginya.

River Tubing di Green Santirah lebih condong mengutamakan kebersamaan, aktivitas bersama-sama meskipun masing-masing personal mendapatkan perahu atau tubingnya masing-masing. Beberapa jeram akan lebih seru dan aman jika dilintasi secara bersama dibanding sendiri-sendiri.
river tubing di green santirah pangandaran
Pangandaran bukan hanya pantai, yuk bermain air dengan River Tubing di Green Santirah, Desa Selasari Pangandaran

Menyusuri Aliran Sungai Santirah Sepanjang 1,5 kilometer

Sungai Santirah, aliran sungainya melintasi tiga kampung dan dua desa. Panjang jalur untuk aktivitas river cave tubing sekitar 1,5 kilometer atau dapat ditempuh kurang lebih 2 jam pengarungan sungai. Meskipun Faktanya, waktu dua jam seringkali terlanggar oleh para wisatawan, bukan karena sulitnya medan yang ditempuh, tapi banyak waktu dihabiskan oleh aktivitas foto-foto. Sayang banget kalo aktivitas yang keren di lokasi yang indah ini dibawa pulang tanpa kenangan dan dokumentasi.

Tak hanya menikmati derasnya aliran sungai, wisatawan pun diajak melewati lorong gua sebanyak empat kali, Gua Gendang dengan panjang 10 meter, Gua Panjang Santirah dengan panjang 100 meter, Gua Lengkob dengan panjang 8 meter, dan Gua Cukang Taneuh dengan panjang 10 meter.

Curug Tirai, diawal titik start para pengarung sungai sudah dapat bonus pesona alami dari sungai Santirah dalam bentuk air terjun. Curahan airnya memanjang dan berderet seakan membentuk tirai, sehingga menjadi inspirasi sebagai namanya, Curug Tirai
air terjun atau curug di sungai santirah pangandaran
Masuk ke Curug Tirai, diawal pengarungan semua peserta river tubing akan basah dibawah guyuran Curug Tirai. Mayan buat mencegah tidak ngantuk sepanjang perjalanan hehehe, tapi yang pasti aktivitas ini sebagai adaptasi awal terhadap dinginnya air sungai Santirah

Curug di Santirah, ada yang Mini, Kembar Tiga dan seperti Tirai

Curug Tirai, atau air terjun Tirai di Green Santirah adalah gerbang pertama yang harus dilewati oleh para pengarung sungai Santirah. Curahan airnya memanjang dan berbaris layaknya tirai atau gorden, dan sebagai permulaan perkenalan dengan sejuknya air sungai Santirah, setiap peserta akan menerobos jalur Curug Tirai lengkap dengan tubingnya masing-masing. Rasa dingin dan teriakannya bikin heboh, tangkap ekspresinya untuk moment terbaik saat memulai aktivitas river tubing di sungai Santirah.

Arus liar sungai Santirah masih berasa tenang mengalun, membawa barisan panjang tubing yang terikat satu sama lainnya agar tidak terpisah. Lepas dari Curug Tirai, rombongan bersiap memasuki dan menembus gua pertama, Gua Kendang. Arus yang tadinya tenang, di mulut Gua Kendang perlahan mulai melaju kencang dan menikung tajam. Semakin tinggi debit air sungai Santirah, akan semakin laju arusnya membawa serta rombongan tubing melintasi jeram... deg-degan tapi seruuuu!! semua peserta diharap bisa menjaga keseimbangannya diatas tubing untuk tidak jatuh dan terguling.

Masuk ke mulut gua, menyusuri lorong gua dalam kegelapan dan sunyi adalah pengalaman dan perasaan yang unik. Sejenak hening dan berharap ada cahaya terang di depan, dan Anda benar-benar menembus lorong gua yang panjang dari atas tubing.
memasuki lorong gua santirah yang gelap

River Cave Tubing, Menerobos Lorong Gua Yang Gelap

Setelah melewati air terjun pertama atau Curug Tirai jarak 25 meter kita akan masuk melewati goa pertama, Goa Kendang namanya, di sini kita akan melewati sedikit jeram yang menikung tajam dan apabila debit airnya naik dan arusnya lagi kencang akan menambah serunya petualangan sungai dengan river tubing, peserta di haruskan bisa menjaga keseimbangan tubuh supaya tidak terguling ke samping dan lepas dari tubing.

Gua Kendang, memasukinya Anda akan merasakan gelap yang nyata pada beberapa menit. Peserta biasanya diajak untuk hening sejenak menikmati sunyi dalam kegelapan Gua Kendang. Bonus daya tarik lainnya adalah bisa menikmati ornamen-ornamen gua Kendang yang unik,
disamping stalakmit dan stalagtit khas gua karst keunikan alami lainnya adalah ornamen yang berbentuk layaknya Kendang yang bisa ditabuh.

Habis gelap terbitlah terang, sebelumnya kata yang sangat biasa ini, di dalam lorong gua benar terasa nyata dan menjadi harapan, saat sedang berada dalam kegelapan muncul cahaya terang dari mulut gua didepan adalah sebuah harapan yang menenangkan degup jantung semua pengarung. Ada cahaya di depan!!! dan kita memang benar-benar menembus lorong gua yang panjang dengan river tubing..tegang!!

Spot unik dan asli bentukan dari alam di sungai Santirah cukup bervarasi, curug, gua, tebing dan tentu saja jeram-jeram sungai yang deras dan cukup menantang untuk setiap adrenalin yang berada diatas perahu tubing.
jeram dan riam sungai santirah pangandaran

Menerjang Jeram dan Arus Liar Sungai Santirah

Curug Batu Munding, lepas dari lorong gua Kendang dapat bonus pemandangan diantara tebing yang menjulang, selanjutnya kita akan melewati air terjun atau Curug Batu Munding dan melintasi jeram pertama, jeram Batu Munding.

Air terjun Batu Munding ini terbilang air terjun yang paling tinggi yang ada di Santirah, berhenti sejenak dan menikmati keindahan alam serta mengambil moment berphoto atau merekamnya dengan video saat melewatinya.

Liburan anda akan semakin seru dan mengasikkan apabila anda menyimpan moment ini sebagai kenangan, selain air terjunnya yang indah jeram Batu Munding yang deras mengajak anda meliuk-liuk mengikuti alirannya, diapit kiri kanannya oleh tebing tinggi dan terjal.

memasuki lorong-lorong gua dengan aktivitas river tubing emang seru

Goa Terpanjang di Sungai Santirah

Stage atau etape berikutnya adalah Gua Panjang Santirah, goa kedua dan merupakan goa terpanjang sekitar 100 meter. Di goa kedua ini ada tradisi wisata yaitu harus menyusurinya tanpa penerangan alias gelap-gelapan, hanya lampu kilat kamera yang diperbolehkan menyala. Gelapnya suasana goa akan cukup membuat jantung berdegup dengan kencang.

Habis melewati gelapnya goa panjang santirah peserta di haruskan turun dulu dari bannya masing" naik sebentar melewatai batu dan bisa juga berpose untuk berpoto dan selanjutnya berenang melewati Goa Lengkob atau goa ke tiga.

loncat dari tebing menuju jeram dalam dan panjang di wisata santirah pangandaran

Mengarungi Jeram Yang Dalam dan Panjang

Setelah melewati Goa Lengkob pengunjung masih di haruskan berenang sekitar 60 meter biar suasananya lebih bebas dan ngga pegel karena duduk terus di tubing. Sambil sekali-kali berpose didepan kamera dengan suasana diapit oleh tebing yang tinggi.

Mendekati jeram, kembali ke tubing masing-masing dan bersiap melintasi arus liar.  Jeram berikut dinamakan jeram Leuwi Panjang, bukan berarti kita sudah sampai di terminal yang ada di Bandung yaa...
Leuwi Panjang itu sebuah nama yang di ambil dari bahasa sunda “leuwi” yang artinya sungai yang dalam, dan Leuwi Panjang artinya adalah sungai yang dalam dan panjang pula.
Karena di sini dari mulai habis jeram sampai titik istirahat panjang sungai yang dalamnya kurang lebih berjarak 300 meter dan di Leuwi panjang ini peserta bisa bebas berenang atau tiduran atau mengalun tenang diatas tubing sambil menikmati keindahan relif tebing di sepanjang sungai.

rest area wisata river tubing green santirah desa selasari

Istirahat dan Menghangatkan Badan di Rest Area

Setelah bebas berenang melewati Leuwi Panjang, bearti pengarungan sungai Santirah sudah menempuh setengah jarak. Peserta akan di ajak istirahat di rest area, tersedia warung kecil yang dikelola keluarga dari warga desa yang menyediakan bermacam makanan ringan dan minuman hangat. Di sini tersedia kopi, susu, teh manis, bala"/ba'wan, pisang goreng, pop mie dan rengginang.

Setelah dirasa cukup menghangatkan tubuh kembali, peserta bisa melanjutkan perjalanan menyusuri sungai kembali dengan melewati jeram terakhir yaitu jeram Sindang Melang yang tidak kalah seru dengan jeram Batu Munding.

ada empat gua alam di green santirah pangandaran

Air Sungai Yang Bikin Awet Muda

Di Sindang Melang juga ada sebuah mata air yang bisa di minum dan konon bisa bikin muka lebih fresh serta keliatan awet muda.  Bagi yang jomblo di percaya bisa enteng jodoh setelah minum air dari mata air Sindang Melang, tapi yang lebih pastinya tetapi harus ada usaha juga…

Selain itu di sindang melang ini merupakan spot untuk berphoto yang bagus juga, kita bisa duduk santai atau berdiri berjajar dengan background tebing yang indah.

menikmati air terjun atau curug di green santirah pangandaran

Curug Kembar, Curug Mini dan Curug Tiga

Setelah bebas berekpresi dan berphoto di Sindang Melang kita akan melanjutkan pengarungan dan kita akan melihat 3 air terjun berjajar sekaligus, di mulai dari air terjun Kembar, air terjun Mini dan air terjun Curug Tiga. Jangan lupa berhenti sejenak dan keluarkan kamera dari dry bag untuk mengambil momen yang cakep diantara curug atau air terjun di sungai Santirah.

Kurang lebih 40 meter berikutnya kita akan sampai di goa ke 4 atau gua terakhir yang dinamakan Goa Cukang Taneuh, menjadi spot terakhir di garis finish sekaligus akhir dari kegiatan river tubing di sungai Santirah. Tantangan berikutnya disini adalah kita bisa melakukan loncatan dari ketinggian 3 meter dan 8 meter.

lompatan tinggi di atas gua cukang taneuh green santirah

Setelah selesai dan di rasa puas melakukan loncatan peserta mulai jalan kaki menuju start point dangan durasi waktu maksimal 20 menit, dan itu yang di tempuh oleh ibu" usia 60 tahun lho, apalagi yang muda yakin akan kebih cepet lagi…., sesampainya di start point kita bersih-bersih, mandi lalu makan dengan sajian nasi liwet komplit yang masih hangat…