Santirah, Sungai dengan 3 Jeram, 4 Goa, 5 Curug dan Tebing

river tubing di green santirah pangandaran
Pangandaran bukan hanya pantai, yuk bermain air dengan River Tubing di Green Santirah, Desa Selasari Pangandaran
Selama pengarungan sungai Santirah, Kamu akan merasakan petualangannya menerjang Jeram Batu Munding, jeram Leuwi Panjang dan jeram Sindang Melang. Juga menembus lorong-lorong gua yang gelap Gua Gendang, Gua Panjang Santirah, Gua Lengkop dan Gua Cukang Taneuh. Kamu juga akan menemui curug atau air terjun diantara tebing-tebing tingginya yaitu Air Terjun Tirai, Air Terjun Batu Munding, Air Terjun Curug Kembar, Air Terjun Curug Mini, dan Air Terjun Curug Tiga

Green Santirah, adalah destinasi baru yang kini populer dengan aktivitas pengarungan sungai, River Tubing. Bagi kamu para pencinta kegiatan pacu adrenaline, Santirah layak dicoba!. Selain aktivitas river tubing juga sekaligus body rafting, melompat dari tebing tinggi ke sungai juga bisa kamu coba disini. Dan di Santirah bukan cuma tentang sungai dan jeram, kamu dapat bonus suguhan dari alam langsung dengan menerobos lorong gelap goa-goa dan keindahan air terjun atau curug diantara tebing-tebing tingginya.

River Tubing di Green Santirah lebih condong mengutamakan kebersamaan, aktivitas bersama-sama meskipun masing-masing personal mendapatkan perahu atau tubingnya masing-masing. Beberapa jeram akan lebih seru dan aman jika dilintasi secara bersama dibanding sendiri-sendiri.
aktivitas wisata river tubing di green santirah pangandaran
Titik Start River Tubing, setelah briefing teknis kenyamanan dan keamanan, dari sini kita mulai aktivitas River Tubing, mengarungi sekaligus menikmati keindahan alam sepanjang sungai Santirah yang jernih sepanjang 1,5 kilometer

Menyusuri Aliran Sungai Santirah Sepanjang 1,5 kilometer

Sungai Santirah, aliran sungainya melintasi tiga kampung dan dua desa. Panjang jalur untuk aktivitas river cave tubing sekitar 1,5 kilometer atau dapat ditempuh kurang lebih 2 jam pengarungan sungai. Meskipun Faktanya, waktu dua jam seringkali terlanggar oleh para wisatawan, bukan karena sulitnya medan yang ditempuh, tapi banyak waktu dihabiskan oleh aktivitas foto-foto. Sayang banget kalo aktivitas yang keren di lokasi yang indah ini dibawa pulang tanpa dokumentasi.

Tak hanya menikmati derasnya aliran sungai, wisatawan pun diajak melewati lorong gua sebanyak empat kali, Gua Gendang dengan panjang 10 meter, Gua Panjang Santirah dengan panjang 100 meter, Gua Lengkob dengan panjang 8 meter, dan Gua Cukang Taneuh dengan panjang 10 meter.

jeram dan riam sungai santirah pangandaran

Curug Tirai, diawal titik start para pengarung sungai sudah dapat bonus pesona alami dari sungai Santirah dalam bentuk air terjun. Curahan airnya memanjang dan berderet seakan membentuk tirai, sehingga menjadi inspirasi untuk namanya. 
air terjun atau curug di sungai santirah pangandaran
Masuk ke Curug Tirai, diawal pengarungan semua peserta river tubing akan basah dibawah guyuran Curug Tirai. Mayan buat mencegah tidak ngantuk sepanjang perjalanan hehehe, tapi yang pasti aktivitas ini sebagai adaptasi awal terhadap dinginnya air sungai Santirah

Curug di Santirah, ada yang Mini, Kembar Tiga dan seperti Tirai


memasuki lorong gua santirah yang gelap

River Cave Tubing, Menerobos Lorong Gua Yang Gelap

Setelah melewati air terjun pertama atau Curug Tirai jarak 25 meter kita akan masuk melewati goa pertama, Goa Kendang namanya, di sini kita akan melewati sedikit jeram yang menikung tajam dan apabila debit airnya naik dan arusnya lagi kencang akan menambah serunya petualangan sungai dengan river tubing, peserta di haruskan bisa menjaga keseimbangan tubuh supaya tidak terguling ke samping dan lepas dari tubing.

Di dalam goa kita akan menyaksikan ornamen batu yang menyerupai gamelan kendang, selain itu perlu di ketahui bahwa goa kendang ini atasnya adalah jalan raya yang di lewati untuk masuk ke lokasi parkiran Santirah

Sedangkan goa kedua merupakan goa terpanjang sekitar 100 meter. Di goa kedua ini ada tradisi wisata yaitu harus menyusurinya tanpa penerangan alias gelap-gelapan, hanya lampu kilat kamera yang diperbolehkan menyala. Gelapnya suasana goa akan cukup membuat jantung berdegup dengan kencang.